Paket Darurat Telkomsel

Dengan adanya Paket Darurat Telkomsel, kini anda bisa meminjam pulsa dulu ke Operator, bayarnya nanti. Layanan pinjam pulsa darurat Telkomsel ini sebenarnya sudah dari dulu ada, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu kode paket dan belum paham bagaimana cara jika kita ingin daftar paket darurat.

Namanya pinjam, berarti tidak ada biaya di awal dong? Iya, tidak ada biaya sama sekali. Tapi ingat, karena ini layanan pinjam berarti harus dikembalikan juga!. Nah, lalu bagaimana cara mengembalikannya? Telkomsel akan otomatis memotong pulsa yang anda isi setelah melakukan pinjaman.

Contohnya, anda daftar paket darurat Telkomsel hari ini dengan jumlah katakanlah pulsa senilai 5 Ribu, besoknya anda isi ulang pulsa sebesar 10 Ribu, maka pulsa yang anda isi tadi akan terpotong dimana jumlah besaran pulsa yang dipotong tentu saja tergantung berapa pulsa yang anda pinjam sebelumnya.

Jumlah Pulsa Darurat Telkomsel yang Bisa di Pinjam

Soal ini, saya pribadi tidak tahu pasti, sebelumnya sih Telkomsel selalu menawarkan pulsa darurat sebanyak 10 Ribu, tapi akhir-akhir ini justru hanya bisa 5 Ribu saja, jadi soal berapa jumlah pulsa yang bisa dipinjam ya tergantung dari operatornya.

Lah kok cuma bisa minjam pulsa segitu mas, kirain bisa pinjam pulsa banyak misal 500 Ribu? Kalau pendapat saya pribadi tidak mungkin gan, namanya paket darurat jadi ya hanya seadanya saja, asal bisa digunakan.

Kalau sampai bisa pinjam pulsa ke Telkomsel sebanyak 500 Ribu, ya ini berisiko bikin bangkrut perusahaan, haha (karena berpotensi pada cuma pinjam saja, habis itu pulsa di transfer ke nomor lain dan nomor yang tadi dipake untuk meminjam dibuang deh).

Cara Paket Darurat Telkomsel

Untuk meng-aktifkan paket darurat telkomsel, ada 3 cara yang bisa digunakan yaitu melalui aplikasi MyTelkomsel, menggunakan kode paket (dial), dan melalui SMS 5111.

Daftar Paket Darurat di MyTelkomsel

  1. Buka aplikasi My Telkomsel dan login pakai nomor HP.
  2. Setelah login, klik menu shop untuk pinjam pulsa.
  3. Kemudian pilih dan klik Paket Darurat.
daftar paket darurat telkomsel di aplikasi
  1. Terakhir, klik Buy untuk mengaktifkan pulsa darurat.
  2. Kalau kurang jelas, bisa lihat gambar di bawah ini.
aktifkan paket darurat telkomsel

Catatan: Pulsa darurat yang dipinjam sudah dibungkus menjadi paket yang terdiri dari paket internet, telpon, dan SMS. Jadi bukan pulsa utuh, inilah yang disebut pinjam paket telkomsel.

Yah, pengin pulsa utuh aja dong mas? Tidak bisa dong, kalau mau pulsa utuh itu bukan pake layanan paket darurat ini, tapi pakai layanan transfer pulsa yang bisa dilakukan antar sesama pengguna Telkomsel.

Malah kebetulan banget kan sudah dibungkus dalam paket gitu, jadi sudah all in one, bisa untuk internetan sampai SMS. Daripada pulsa utuh misal 5 Ribu, pulsa segini ya tidak cukup untuk beli apa-apa di Telkomsel, tidak bisa beli paket internet dan lain sebagainya.

Aktifkan Paket Darurat Lewat SMS

Untuk mengaktifkan paket darurat Telkomsel lewat SMS, hanya bisa dilakukan jika anda mendapatkan SMS notifikasi langsung dari Telkomsel yang menawarkan paket atau pulsa darurat.

cara paket darurat telkomsel lewat sms

Kurang lebih alurnya begini:

  1. Pulsa Telkomsel anda dalam keadaan habis.
  2. Lalu, Telkomsel mengirim penawaran paket darurat.
  3. Kemudian anda setuju untuk ambil penawaran paket.
  4. Telkomsel akan mengirimkan paket yang ingin dipinjam.

Setelah itu, anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan sesuai dengan detail paket (untuk internetan, sms, dan ada juga paket nelpon darurat)

Tawaran tersebut biasanya dari nomor 5111, nanti jika ada penawaran itu tinggal kalian balas dengan YES. Jika sudah pinjam paket darurat, besoknya (atau beberapa hari setelahnya) anda akan ditagih untuk segera melunasi paket yang dipinjam sebelumnya.

Jadi, intinya kalau pulsa anda kosong, Telkomsel akan menawarkan layanan pinjaman paket ke anda melalui SMS, tapi tidak semua nomor dapat SMS seperti itu.

Terus kalau nggak dapet notif padahal pulsa sudah sekarat, bagaimana mas? gampang, tinggal dial kode *500*5#, lalu anda bisa pinjam paket darurat deh.

Daftar dengan Kode Paket Darurat

Untuk cara berikutnya yaitu menggunakan kode dial, cara ini bisa anda gunakan apabila tidak punya aplikasi My Telkomsel dan kebetulan juga tidak mendapat SMS penawaran dari Telkomsel untuk mengaktifkan paket darurat sehingga bisa dibilang ini alternatif paling akhir untuk bisa menggunakan layanan ini.

kode paket darurat telkomsel
  1. Panggil menu *500*5#.
  2. Kemudian akan muncul pilihan paket darurat.
  3. Balas dengan 1 lalu kirim.
  4. Tunggu sampai mendapatkan balasan dari Telkomsel bahwa paket sudah di aktifkan.

Kenapa Tidak Bisa Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel?

Perlu diketahui, tidak semua nomor bisa menggunakan layanan ini, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa menggunakan layanan kuota darurat, diantara lain:

  • Untuk pengguna yang gagal nelpon dan SMS Karena kehabisan pulsa.
  • Gagal aktivasi layanan tertentu karena pulsa sudah habis terlebih dahulu.
  • Gagal transaksi dalam bentuk apapun.
  • Kartu sudah aktif minimal 2 bulanan, jadi tidak bisa untuk digunakan di kartu perdana.
  • Apabila pernah hutang sebelumnya, maka harus isi pulsa dulu untuk membayar, lalu baru bisa hutang lagi.

Jadi, cara pinjam diatas mungkin tidak bisa untuk nomor tertentu (nomor yang masih baru) karena syarat dari Telkomsel yakni untuk memakai layanan paket darurat minimal kartu sudah aktif 60 hari dan sudah memenuhi kriteria lain seperti berapa jumlah penggunaan pulsa rata-rata selama 1 bulan, dan berbagai kriteria lain yang ditentukan Telkomsel sendiri.

Cara Berhenti Paket Darurat Telkomsel

Salah satu pertanyaan yang cukup sering muncul yaitu bagaimana cara berhenti berlangganan paket darurat?

Perlu anda pahami bahwa layanan ini BUKAN berlangganan seperti paket internet lain (paket yang otomatis akan berlangganan terus menerus), jadi anda tidak perlu khawatir.

Pada intinya jika anda sudah menggunakan pinjaman paket telkomsel, lalu setelahnya anda sudah mengisi pulsa dan otomatis pulsanya terpotong (untuk melunasi biaya paket darurat yang sebelumnya anda pinjam), maka layanan sudah berhenti sepenuhnya.

cara berhenti paket darurat telkomsel

Karena paket darurat dari Telkomsel ini hanya bisa diaktifkan oleh anda sendiri, tidak otomatis akan aktif terus setelah anda sudah menggunakan di waktu sebelumnya.

Bagaimana? harusnya sih sudah jelas ya, karena artikel Bloganegan.com mengenai paket darurat Telkomsel diatas admin tulis sedemikian rupa supaya mudah dimengerti. Dan sekali lagi, tidak semua nomor bisa melakukan pinjam paket darurat seperti yang admin jelaskan.

Tinggalkan komentar