Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Hangus, Mati, dan Terblokir

Tak jarang, banyak pengguna yang kelupaan soal masa aktif kartu, termasuk pengguna Telkomsel, sampai akhirnya nomor Telkomsel yang digunakan jadi hangus (hangus disini dalam artian nomor mati dan tidak bisa digunakan lagi, penyebab utamanya karena masa aktif dan masa tenggang habis atau sudah lewat).

Memang masalah kartu yang hangus ini, terlihat sepele solusinya, tinggal beli kartu perdana lagi, beres.

Tapi terkadang, di suatu hari ternyata kita sadar kalau nomor yang sudah hangus tersebut ternyata digunakan untuk mendaftar akun tertentu, seperti yang pernah admin alami, dulu daftar akun paypal pakai nomor Telkomsel lama, dan beberapa waktu lalu mengalami masalah dimana tidak bisa login karena disuruh verifikasi paypal pakai nomor HP yang lama, dan nomor itu sudah hangus alias tidak aktif.

Dari kejadian itu, akhirnya mulai sekarang ingat-ingat deh, kapan nomor telkomsel aktif masanya? agar tidak kejadian lagi masalah seperti tadi.

Ciri dan Penyebab Kartu Telkomsel Mati dan Terblokir (Hangus)

Biasanya, ciri-ciri kartu telkomsel terblokir atau hangus karena lupa memperpanjang masa aktif yaitu tidak ada sinyal/layanan, tidak bisa nelpon, telkomsel tidak bisa mengecek pulsa, sms dan berbagai layanan telkomsel lain tidak bisa digunakan.

Penyebabnya ada banyak, biasanya yang paling sering karena beberapa hal berikut:

  • Kartu rusak entah karena patah saat dipasang atau karena lupa PIN protection kartu.
  • Kartu hilang dan sudah lama tidak digunakan.
  • Kartu telkomsel hangus karena lupa perpanjang masa aktif (melewati batas masa tenggang)

Telkomsel sendiri sebenarnya kini sudah baik banget sih perihal masa aktif, contohnya saat artikel ini ditulis, tepat masa aktif kartu telkomsel admin hangus, dan ternyata ada pesan yang berinformasi kalau nomor admin diperpanjang selama 30 hari tanpa harus isi ulang pulsa lagi.

Namun, hal itu mungkin tidak terjadi ke semua nomor, kenapa nomor admin bisa dapat keuntungan begitu? bisa jadi karena jumlah penggunaan pulsa admin memang sudah dalam jumlah tertentu (lumayan banyak).

Oh iya, sebagai informasi tambahan, kalian bisa juga baca artikel mengenai paket darurat telkomsel. Sebuah layanan untuk kita bisa pinjam pulsa/paket ke operator (bayarnya belakangan) sehingga bisa menjadi penolong jika kita kehabisan pulsa, sedangkan posisi kita tidak bisa membeli pulsa karena faktor lokasi jauh atau apapun itu.

Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Rusak, Hilang, dan Masa Aktif Habis

Nah sekarang pertanyannya, apakah bisa nomor kartu Telkomsel yang sudah hangus akibat lupa memperpanjang masa aktif bisa diaktifkan lagi? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Lho mas! yang jelas dong, maksudnya bagaimana? Jadi begini, kita mulai dari awal dulu supaya lebih jelas.

Setiap provider seperti Telkomsel misalnya, biasanya akan memberi perpanjangan waktu selama 30 hari sebagai “kesempatan kedua” untuk pengguna dapat memperpanjang masa aktif, yang mana waktu perpanjangan itu lebih dikenal dengan “masa tenggang berlaku”

Misalkan: Kartu telkomsel anda aktif sampai 21 Desember 2021, artinya tanggal 22 desember sampai 30 hari kedepan, nomor anda akan masuk dalam masa tenggang (ini yang disebut kesempatan kedua), di masa ini, meskipun masa aktif kartu anda sudah lewat, tapi kartu masih BELUM HANGUS, jadi anda cukup mengisi pulsa saja, lalu nomor anda akan aktif lagi dan tidak jadi hangus.

Tapi jika ternyata setelah 30 hari sejak masa aktif kartu sudah habis kok tidak kunjung isi pulsa, maka masa tenggang kartu atau yang admin sebut kesempatan kedua ini sudah kadaluarsa, nah disitulah nomor telkomsel hangus alias terblokir.

Minta Reaktivasi kartu Telkomsel ke Grapari

Jika kondisinya begitu, solusi satu-satunya yaitu anda harus mendatangi gerai Telkomsel terdekat, minta reaktivasi kartu/nomor <- dan hal ini beda-beda, ada yang bisa, ada yang juga permintaan reaktivasi nomor hangus ditolak.

Apa itu gerai telkomsel? itu lho, grapari telkomsel, biasanya di kantor Telkomsel Indonesia atau di gerai-gerai yang ada di Mall dan sebagainya, googling saja “gerai telkomsel terdekat” nanti akan otomatis tampil informasi gerai mana yang paling dekat dengan lokasi kota anda.

Kenapa ada yang ditolak? Biasanya, karena kartu sudah lama sekali hangusnya, kalau masih 1-2 bulan kemungkinan masih bisa lah kita mengajukan pengaktifan ulang kartu telkomsel, tapi kalau sudah 3 bulan ke atas sepertinya sulit.

Kenapa demikian?

Jadi, nomor telkomsel yang sudah hangus, ada kemungkinan akan dijual ulang oleh Telkomsel, jadi kalau nomor anda sudah hangus lama banget, dan pas anda minta aktivasi ulang kok ditolak, kemungkinan nomor anda sudah dimiliki orang lain, karena sudah diaktifkan telkomsel dan dijual kembali.

Pasti pernah dong ngalamin ada yang tiba-tiba telpon anda? padahal anda tidak kenal? Ya, bisa jadi itu yang telpon adalah teman atau orang yang tahu nomor pemilik sebelumnya, dalam artian nomor yang anda gunakan tersebut dulunya nomornya orang lain, yang juga sudah hangus dan diaktifkan telkomsel lagi, lalu anda beli.

Maka dari itu pastikan rutin isi pulsa agar masa aktif tidak habis, paling tidak 2 bulan sekali isi walau hanya pulsa 10 Ribu sekalipun.

Oke itulah informasi dari Bloganegan.com kali ini mengenai masalah mengaktifkan kembali kartu atau nomor Telkomsel yang sudah hangus, mati, atau terblokir (tidak aktif).

Tinggalkan komentar