Cek Ini Dulu Sebelum Klaim Garansi Xiaomi (Resmi) TAM

Untuk bisa klaim garansi Xiaomi, tentu tidak bisa sembarangan, harus sesuai prosedur, bahkan tak jarang banyak yang mengalami penolakan atas pengajuan garansi, karena diakibatkan beberapa hal <- akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Mengingatkan lagi, di Xiaomi, ada Garansi TAM atau bisa dibilang garansi Resmi (Official) dari Xiaomi Indonesia, lalu ada juga yang namanya Garansi Distributor.

Nah, HP Xiaomi dengan Garansi TAM ini menurut admin lebih mudah jika ingin klaim garansi, Karena seperti yang kita tahu, HP dengan garansi TAM itu berarti HP yang di distribusikan langsung dari distributor resmi Xiaomi di Indonesia: PT Teletama Artha Mandiri (TAM).

klaim garansi xiaomi

Jadi, untuk bisa mengklaim garansi, cukup datang ke service center Xiaomi terdekat saja, namun sebelum itu anda harus simak beberapa hal berikut.

Kerusakan HP Xiaomi yang Bisa Di Garansi

Perlu dipahami, garansi ini sifatnya BUKAN berarti setiap ada kerusakan, anda bisa menggunakan kartu garansi anda untuk bisa memperbaiki secara gratis, tapi hanya untuk kerusakan tertentu saja, diantaranya:

  • Kerusakan Layar, kalau tampilan HP Xiaomi anda tidak normal, contoh dead pixel lah, itu bisa di klaim garansi, tapi kalau layar LCD rusak karena goresan/pecah akibat kesalahan pengguna, itu tidak bisa digaransi xiaomi.\
  • Komponen hardware rusak, kalau HP Xiaomi anda tidak bisa dinyalakan, mungkin ada kerusakan pada salah satu komponen hardware, nah itu bisa di garansikan.
  • HP tidak bisa berdering/bergetar, kalau baru beli HP, terus tidak bisa dering atau getar, sudah pasti itu ada cacat produk, segera klaim garansi atau minta unit xiaomi yang baru kalau bisa, tapi admin pernah baca, kalau ganti tidak bisa sih, paling refund uang, tapi pengalaman admin pribadi dulu pernah, dan bisa sih minta unit baru, tergantung tokonya mungkin.
  • Kerusakan bagian HP seperti: Kerusakan tombol, speaker, charger tidak fungsi, baterai HP tidak bisa di charge, jaringan tidak normal (tidak ada sinyal) ini admin pernah waktu itu, jaringan sama sekali tidak ada, alhasil bisa ganti unit baru, karena itu sudah pasti cacat produk, daripada ribet-ribet klaim garansi kan?.

Ohya, tambahan saja, klaim garansi Resmi itu sistemnya bukan sekali pakai, jadi kalau anda sudah pernah menggunakan garansi sebelumnya, terus ada yang rusak lagi, bisa minta garansi lagi kok.

Mengenai kerusakan, anda bisa cek kondisi jaringan, layar, dan bagian HP lainnya menggunakan kode-kode HP Xiaomi, silakan cek daftar kodenya lengkap di artikel: Kode Xiaomi.

Cara Klaim Garansi HP Xiaomi di Service Center

Pastikan:

  • Masa aktif garansi masih berlaku, silakan diingat-ingat, kapan beli HP, dan kapan berapa masa aktif garansinya, kalau lupa bagaimana mas? silakan baca ini.
  • kartu garansi dan nota pembelian HP masih ada.

Eh iya, ini admin lagi bahas cara klaim garansi Xiaomi untuk yang TAM ya, jangan bingung HP anda garansinya TAM atau bukan, harusnya pas beli sudah tahu dong?

Mas, kalau klaim garansi tanpa nota pembelian atau kartu garansi bisa? Tentu saja tidak akan bisa, mau anda belinya di Erafone sekalipun, kalau antara 2 itu ada yang tidak ada, maka garansi tidak berlaku, kalau tidak percaya, bisa cek langsung TKP, hehehe.

Sama lah gan seperti garansi Laptop misalnya, itu kan harus ada lengkap dokumen itu.

Selain itu, pastikan ROM HP Xiaomi pakai versi Official, jadi kalau anda sebelumnya sudah mengganti ROM, silakan ubah ke default lagi.

Lalu, datang ke service center xiaomi terdekat (googling saja ketikkan service center xiaomi terdekat) nanti akan muncul informasi lokasinya.

Jangan lupa Bawa HP Xiaomi yang mau di garansi pastinya, hahaha, kalau bisa sama dusbox nya juga bawa sekalian.

Tanya Jawab:

Bagaimana jika kartu garansi xiaomi dan nota pembelian hilang?

Anda tetap bisa memperbaiki Xiaomi ke service center, tapi harus bayar sendiri untuk perbaikan dan pergantian sparepart.

Adakah nomor call center Xiaomi yang bisa dihubungi?

ada, silakan hubungi nomor ini: 0800-1-401558

Kalau garansi Xiaomi distributor, klaimnya kemana?

Silakan datangi ke toko atau tempat anda membeli HP Xiaomi, kalau tidak bisa klaim garansi, ya solusinya service sendiri ke service center xiaomi juga bisa, tapi ya bayar sendiri karena garansi distributor kan nggak bisa klaim di service center xiaomi resmi.

Berapa lama service HP Xiaomi di service center?

Biasanya kisaran 1 sampai 4 minggu, mungkin bisa lebih cepat, atau bisa lebih lambat.

Garansi merupakan salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli barang, termasuk HP. Biasanya, Lama Garansi HP seperti Xiaomi itu 1 sampai 2 Tahun, tapi ada juga yang 6 bulan.

Info: untuk anda yang ingin mengetahui HP Xiaomi anda asli atau palsu, cek masa garansi, Cek IMEI, dan lainnya, bisa baca artikel Cara Cek HP Xiaomi.

Tentu saja itu berarti, klaim garansi xiaomi harus sesuai berapa masa garansi HP xiaomi anda, kalau garansinya 1 tahun, sementara anda belinya sudah 2 tahun yang lalu, tentu tidak akan bisa diklaim garansinya.

Tinggalkan komentar